Puluhan Bhabinkamtibmas di Tiga Polres Jadi Sasaran ToT BI Tegal

Deputi Kepala Perwakilan BI Tegal Teguh Triyono bersama Kasat Binmas dari tiga Polres di wilayah eks Karesidenan Pekalongan memberikan keterangan terkait kegiatan ToT yang diikuti oleh 50 Bhabinkamtibmas tentang CBP Rupiah

Pantura24.com, Kota Pekalongan – Puluhan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) mengikuti Training of Trainers (ToT) Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal. ToT tersebut merupakan salah satu cara BI mencegah pelanggaran berkaitan dengan mata uang rupiah.

“Kita berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pekalongan. Total ada 50 Bhabinkamtibmas,” ujar Deputi Kepala Perwakilan BI Tegal Teguh Triyono di Hotel Khas Kota Pekalongan, Sabtu (23/9/2023) malam.

Bacaan Lainnya

Ia menyebut kegiatan ToT CBP dengan melibatkan Bhabinkamtibmas tersebut sangat perlu dilakukan lantaran dalam tupoksinya itu bisa menyentuh lapisan masyarakat ke level desa atau kelurahan.

Perlu disadari bersama Bank Indonesia itu hanya ada satu di wilayah eks Karesidenan Pekalongan itu hanya ada satu. Sementara wilayah kerjanya luas hingga ke sampai ke masyarakat di desa atau kelurahan.

“Nah, sementara teman-teman dari Bhabinkamtibmas ini memiliki kemampuan itu.

Dengan kolaborasi, peran Bhabinkamtibmas tetap bisa berjalan. Ini terkait dengan pelaksanaan UU mata uang menjadi tugas atau kewajiban kita bersama, jadi bukan cuma dari bank BI saja,” paparnya.

Adapun tujuan dari pelaksanaan ToT kepada bhabinkamtibmas adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan deteksi dini agar masyarakat tidak lagi menjadi korban dari peredaran uang palsu, karena kewajiban pengawasan dan edukasi menjadi tanggungjawab bersama.

“Harapan kami teman-teman Bhabinkamtibmas bisa menjadi trainer-trainer eksternal Bank Indonesia ketika ada kesempatan atau ada media edukasi ke masyarakat untuk bisa disampaikan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Tegal Kota AKP Didik Guntoro menambahkan bahwa keberadaan pelatihan ToT bertujuan membekali kemampuan para Bhabinkamtibmas saat bertugas di di tengah masyarakat.

“Sejauh ini pelatihan seperti ini bagi anggota Bhabinkamtibmas memang kurang. Jadi kami berterima kasih sekali kepada Bank Indonesia bisa menambah wawasan kepada para Bhabin,” ujarnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *