Kemendikbudristek Minta Unikal Selesaikan Kasus Kamera Toilet Perempuan

Aksi demo aliansi mahasiswa Unikal menuntut kasus temuan kamera di toilet perempuan gedung A fakultas hukum diselesaikan

Pantura24.com, Kota Pekalongan -Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud ristek) Melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV merespon temuan kamera di toilet perempuan Universitas Pekalongan (Unikal).

“Kami akan segera tindaklanjuti kejadian di Unikal,” ujar Kepala LLDIKTI Wilayah IV Widyo Andoko melalui pesan singkat, Rabu (4/10/2023).

Bacaan Lainnya

Pihaknya menegaskan bahwa tindakan yang akan dilakukan LLDIKTI berdasar pada Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).

Ia mengungkapkan bahwa tugas dari Satgas PPKS terpantau melalui dashboard di laman lldikti seperti berikut,

https://dashboard.lldikti6.id/?9bb4b4d94c82d878914e5f5642db05de6036d4dc8d614f1184c561e38bb26099

Nantinya bila terbukti peristiwanya maka bisa dipastikan pelaku yang terlibat akan diberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. Sanksi itu ada akademik dan non akademik

Widyo Andoko menyampaikan secepatnya akan mengambil langkah untuk meminta Rektor Unikal menyelesaikan kejadian tersebut.

“Kami akan mintakan laporannya untuk segera diserahkan ke LLDIKTI dan ke internal agar tidak terulang kasus yang sama,” katanya.

Widyo Andoko berjanji akan menyampaikan jawaban yang lebih mendetail setelah mendapatkan penjelasan langsung dari Rektor Unikal.

Sebelumnya Unikal dibuat geger atas temuan sebuah kamera yang menyorot ke dalam toilet perempuan di Gedung A Fakultas Hukum. Diduga ada 300 lebih file vidio aktivitas di dalam toilet tersimpan di hardisk milik dua pelaku yang diduga mahasiswa hukum.

Akibat lambannya penyelesaian kasus tersebut membuat Aliansi Mahasiswa Unikal berdemonstrasi menuntut pihak universitas turun tangan. Mahasiswa mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar lagi bila tidak ada keputusan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *