INDEF Sebut Pilpres 2024 Sekali Putaran Baik Untuk Investasi

Ekonom senior INDEF Aviliane mengatakan Pilpres 2024 sekali putaran baik untuk investasi karena membuat kepastian lebih awal dibanding dua putaran, Kamis (28/12).

Pantura24.com, Jakarta – Ekonom senior Institut for Development of Economics and Finance (INDEF) Aviliane berpendapat Pilpres 2024 sekali putaran berdampak baik bagi investasi. Dunia usaha menunggu siapa presiden yang bakal dipilih dan kebijakan seperti apa yang akan dikeluarkan.

“Investor masih Wait and see, terutama di sektor riil. Jadi mereka mau investasi sekarang tapi belum tahu siapa presidennya sehingga policy akan seperti apa, kalau sekali putaran di Februari mulai bagus,” ujarnya di acara Diskusi Publik Ekonom Perempuan INDEF yang disiarkan virtual, Kamis (28/12/2023).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan bila pilpres berlangsung dua putaran maka investor akan mengambil sikap wait and see hingga Juni. Oleh karena itu ia berpendapat 2024 belum tentu lebih baik dari 2023 karena adanya pilpres.

Namun demikian bila terjadi dua putaran maka harus menunggu hingga Juni. Nah pihaknya berharap pilpres bisa berlangsung sekali putaran karena akan lebih bagus, tapi kalau tidak ya memang akan lebih lama.

Aviliane mengingatkan agar calon presiden untuk tidak membuat kegaduhan, hal tersebut demi untuk mengantisipasi agar investor tidak menempatkan uang mereka di luar negeri.

“Buat capres juga jangan gaduh, karena bisa berdampak pada orang yang punya duit keluar sehingga bisa merepotkan kita semua. Harapannya pemilu bisa damai agar investor tidak menempatkan uangnya di luar,” jelasnya.

Terpisah, Founder Synergy Community Ismet Natakermana menyebutkan apabila Pilpres 2024 berlangsung sekali putaran akan sangat memberikan kebahagiaan bagi para pengusaha atau investor.

“Kalau satu putaran ya developer lebih bahagia loh, jadi Februari quick count siapa yang menang, April abis lebaran mereka sudah itu bisa gila-gilaan developer tembak sana tembak sini,” kata Ismet yang dikutip, Kamis (28/12).

Menurut Ismet, konsumen sedang mencari hunian sebelum pemerintahan baru dilantik pada Oktober 2024 mendatang, karena harga jual properti diprediksi bakal sedikit melonjak di tahun 2025 nanti. Oleh karena itu, Pilpres sekali putaran lebih baik bagi para pengusaha.

“Konsumen pun yang tadinya beristirahat itu harus beli, karena 2025 harga properti sudah melompat. Makanya sekarang kalau punya duit ya, hari ini sebenarnya time to buy. Sangat baik sekali putaran ya,” ucapnya.

Selain kepastian ekonomi, Ismet Natakermana Pilpres 2024 sekali putaran juga membantu pemerintah dalam meminimalisir penggunaan anggaran negara sebesar Rp 17 triliun, yang mana dana sebesar itu bisa digunakan untuk membantu masyarakat kurang mampu.

“Iya, pasti kita berharap satu putaran, karena pemerintah juga perlu hemat dana. Memang angkanya besar sekali. Jadi lebih baik diberikan kepada orang yang miskin ya, karena kepentingan pengusaha hanya kepastian,” ucapnya.

Diketahui, pasangan capres dan cawapre nomer urut dua Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka masih unggul telak di berbagai survei kredibel.

Indikator Politik Indonesia, Polling Institute, dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menerbitkan survei terbaru tentang elektabilitas tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024.

Survei itu merekam keunggulan pasangan Prabowo – Gibran dari dua pasangan kandidat lainnya. Tiga survei itu memberikan peluang bagi Prabowo – Gibran menang sekali putaran di Pilpres 2024. Mengingat, elektabilitas pasangan nomer urut dua di atas 40 persen. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *