BI Tegal Bantu Petani dan Pesantren di Batang Kembangkan Budidaya Cabai 

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyerahkan bantuan PSBI kepada tiga Gapoktan dan Ponpes Nashrul Huda di Desa Sangubanyu, Kecamatan Bawang, Rabu (15/11/2023).

Pantura24.com, Batang – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal memberikan bantuan 40 ribu bibit tanamam cabai kepada tiga Gabungan Kelompok Tani (Gakpoktan) dan smart farming greenhouse kepada Ponpes Nashrul Huda Desa Sangubanyu, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.

Kedua jenis bantuan yang diserahkan langsung oleh Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki tersebut merupakan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk pengembangan budidaya tanaman cabai dan mendukung kemandirian ekonomi pesantren.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Batang pada kesempatan tersebut mengatakan komoditas cabai saat ini harganya masih terasa mahal, untuk dengan adanya pengembangan budidaya tanaman cabai nantinya selain bisa memenuhi kebutuhan sendiri juga mengurangi laju inflasi di daerah.

“Sedangkan untuk pesantren, bantuan smart farming greenhouse senilai Rp 181 juta hasilnya nanti diharapkan bisa untuk mencukupi kebutuhan pesantren secara mandiri dan juga membantu ekonomi dengan produk olahan yang dihasilkan,” ujarnya, Rabu (15/11/2023).

Lani menyebut perlunya pesantren diberikan pendampingan dalam bentuk pelatihan kepada santri maupun pengurus agar kelebihan hasil panen tidak hanya dijual langsung ke pasar namun juga diolah dalam bentuk produk baru yang bernilai ekonomi.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif, dan Syariah BI Tegal Liana Ciptowati menambahkan smart farming greenhouse yang sedang dikembangkan BI di pesantren bertujuan untuk mendorong rantai ekosistem halal di kalangan ponpes.

“Ponpes Nashrul Huda ini merupakan pesantren yang ke-12 penerima bantuan PSBI yag menjadi binaan BI dan pesantren ketiga di Kabupaten Batang,” jelas Liana. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *