Kolaborasi KAI dan Komunitas RF dari Hias Lokomotif Hingga Pameran Foto 25 Tahun KA Kaligung

Memeriahkan 25 tahun KA Kaligung beroperasi, PT KAI Daop 4 Semarang berkolaborasi dengan Komunitas RF Tegal menghias lokomotif dan menggelar pameran foto KA Kaligung dari masa ke masa, Minggu (4/2).

Pantura24.com, Kota Tegal – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang bekerja sama dengan Komunitas Railfans (RF) Tegal menghias lokomotif dan pameran foto kereta api dari masa ke masa. Kegiatan itu untuk menyambut 25 tahun beroperasinya KA Kaligung.

Selain menghias lokomotif, peringatan ’25 Tahun KA Kaligung Terus Begerak, Semarak Tahun Perak’ juga ada penempelan livery sticker khusus yang menjadi penanda bahwa KA Kaligung sudah beroperasi selama seperempat abad.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan peringatan 25 tahun KA Kaligung ditujukan kepada pelanggan yang telah mempercayakan moda tersebut sebagai pilihan perjalanan.

“KAI berterima kasiah kepada masyarakat yang setia menggunakan KA Kaligung selama 25 tahun pelayanannya atau sejak 4 Februari 1999,” ujarnya, Minggu (4/2/2024).

Franoto menjelaskan perjalanan 25 tahun KA Kaligung banyak mengalami perubahan mulai dari rangkaian gerbong yang digunakan maupun mesin penggerak lokomotif.

Untuk KA Kaligung saat pertama kali diluncurkan menggunakan Kereta Rel Diesel (KRD), kemudian berkembang menjadi Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) dan terakhir Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE).

“Perubahan KA Kaligung itu didokumentasikan dengan baik oleh Komunitas RF Tegal dan bisa disaksikan dalam bentuk pameran foto di Hall Stasiun Tegal,” kata Franoto menjelaskan.

Ia mengatakan nama KA Kaligung sudah demikian akrab bagi masyarakat sepanjang Pantura Barat mulai dari Semarang hingga Brebes. Kereta tersebut jadi pilihan utama perjalanan ke Semarang apalagi pilihan beragam dan tarifnya terjangkau.

“Sejak 2019 KA Kaligung sudah menambah jangkauan layanannya hingga Stasiun Prujakan, Cirebon. Kemunculan KA Kaligung New Imagage ini punya dua kelas, ekonomi dan eksekutif,” terang Franoto.

Sebagai penghargaan kepada masyarakat, sebanyak 50 penumpang KA Kaligung terpilih diberikan kejutan berupa souvenir yang diserahkan selama dalam perjalanan kereta. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *