Dukung Batik Tegalan Go Internasional, BI Tegal Bekali Skill Perajin Lokal

Bank Indonesia Tegal membekali peningkatan kemampuan perajin Batik Tegalan dengan Capacitas Building, Selasa (4/6).

PANTURA24.COM, TEGAL – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal, Marwadi menyebut Batik Tegalan merupakan salah satu warisan budaya nusantara di wilayah eks Karesidenan Nusantara yang kaya akan nilai sejarah

Menurutnya selain kaya akan nilai sejarah, Batik Tegalan juga memiliki keindahan motif klasik yang mengandung makna simbolik mendalam. Oleh karena itu pihaknya memberikan fasilitasi ke perajin untuk meningkatkan peran UMKM setempat dalam perekonomian.

Bacaan Lainnya

BI sebagai Bank Sentral terus berupaya memberikan kontribusi terbaik dalam rangka meningkatkan ekonomi UMKM,” kata Marwadi di Vannamei Resto Tegal, Selasa (4/6/2024).

Ia mengatakan kegiatan BI dalam mengembangkan UMKM berupa Capacity Building bertajuk Ragam Hias dan Pembendaharaan Desain dan Motif Batik Tegal UMKM Subsisten KUB Desa Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal.

Hal itu dilakukan BI Tegal karena selaras dengan bidang tugas atau sejalan dengan visi, misi serta program strategis BI yaitu meningkatkan akses keuangan UMKM untuk mendukung stabilitas sistem keuangan.

Berbicara tentang Batik Tegalan itu memiliki motif perpaduan geografis Tegal yakni pesisir pantai utara dan agraris. Jadi melalui capacity building ini, semua perajin berkesempatan memahami lebih dalam prosesnya dari pembuatan desain hingga mengkonsepsi desain yang tidak hanya bertumpu pada selera lokal saja namun juga memenuhi selera pasar nasional serta internasional,’ jabarnya.

“Kemudian melalui kolaborasi serta kerja keras para pemangku kepentingan seperti Permodalan Nasional Madani (PNM), Pemerintah Kabupaten Tegal dan Fakultas Teknik Batik Universitas Pekalongan maka akan menghasikan Batik Tegalan yang bisa memperkaya khasanah budaya bangsa.

“Mari kita manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, serta jadikan setiap momen dalam pelatihan ini sebagai langkah menuju kesuksesan dalam melestarikan dan mengembangkan seni Batik Tegalan,” ujar Marwadi.

Dalam kesempatan tersebut narasumber Dosen teknologi batik Universitas Pekalongan Zahir Widadi mengupas tentang batik secara lengkap dan dilanjutkan pemberian materi pengelolaan keuangan oleh Pimpinan PNM Cabang Tegal, Agung Prihantoro.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *