Ada Foto Pahlwan Revolusi di Kirab Merah Putih Kabupaten Batang

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Batang dimeriahkan dengan Kirab Merah Putih sepanjang satu kilometer dan mengarak foto para pahlawan revolusi

Pantura24.com, Batang – Hari Kesaktian Pancasila diperingati dengan Kirab Merah Putih dengan mengarak foto pahlawan revolusi dan bendera merah putih sepanjang satu kilometer. Kirab diikuti ribuan peserta melintasi sejumlah jalan protokol di Kabupaten Batang.

“Yang tercatat ada 4500 peserta tapi kenyataannya lebih banyak karena masyarakat antusias bergabung,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, Minggu (1/9/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut Lani kirab merah putih bisa meningkatkan semangat dan nasionalisme warga. Kirab ini juga bertujuan mengingatkan bendera merah putih merupakan lambang negara dan Pancasila sebagai dasar negara.

Kegiatan kirab ini juga mendapat sambutan masyarakat yang luar biasa. Ribuan orang berjejer di sepanjang rute kiran untuk menyaksikan iring-iringan kirab merah putih.

Lani menyebut tujuan kirab merah putih adalah untuk menggelorakan ideologi bangsa kepada seluruh masyarakat, termasuk para pelajar dan mengingat kembali sejarah kesaktian Pancasila.

“Kirab diikuti oleh berbagai pihak mulai dari pemerintah, swasta, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, pelajar hingga agama,” katanya.

Adapun untuk foto para pahlawan revolusi yang ada di barisan depan merupakan pesan kepada generasi penerus bahwa ada sejumlah sosok pahlawan revolusi yang gugur pada saat peristiwa G 30 S PKI.

“Jadi inilah tokoh tokohnya diantara seperti para jenderal TNI dan lainnya. Pesan itu bermaksud agar sejarah kelam itu dipahami oleh generasi muda,” jelasnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *