Hentikan Aksi Vandalisme Pelajar SMAN 1 Batang Bersihkan Tembok Untuk Lomba Mural

Sejumlah pelajar SMAN 1 membersihkan tembok sekolah dari aksi vandalisme sebagai persiapan lomba mural

pantura24.com, Batang – Melawan aksi vandalisme sejumlah pelajar SMA Negeri 1 Batang menghapus dan mengecat ulang dinding sekolah yang dipenuhi dengan coretan cat semprot. Aksi para pelajar tersebut didukung Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Dewan Kesenian Daerah (DKD) setempat.

“Setelah dibersihkan dan dicat ulang, rencananya akan digunakan untuk lomba mural yang digelar Kesbangpol Batang,” ujar Ketua Komite Seni DKD Batang, Sigit Purnomo, Jum’at (4/7/2023).

Bacaan Lainnya

Sigit menyebut tembok yang menjadi sasaran aksi vandalisme milik publik dan penuh coretan dari orang yang tidak bertanggungjawab. Bahkan banyak coretan yang mengandung unsur sara.

Untuk mengurangi tindakan vandalisme seluruh tembok keliling di SMA Negeri 1 akan ditutup mural guna memberikan ruang bagi pelajar untuk menyalurkan ekspresi seninya.

“Lomba mural nanti kami menargetkan 75 tim peserta di kalangan pelajar. Temanya HUT ke-78 RI Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” katanya.

Adapun ketentuannya satu tim peserta terdiri tiga anak, kemudian bidang yang akan dilukis mural seluas 2,75 X 1,95 meter dengan waktu yang disediakan 7 jam.

Sementara itu pihak SMA Negeri 1 Batang mendukung terselenggaranya lomba mural bagi kalangan pelajar. Selain menghindari penyalahgunaan oleh orang tidak bertanggung jawab juga jadi ajang kreasi seni para pelajar.

“Kami tidak bisa mengawasi selama 24 jam siapa yang melakukan aksi corat-coret karena tiap dihapus muncul lagi,” terang Pengelola Sarana dan Prasarana SMAN 1 Batang, Purwadi.

Rencananya lomba mural akan digelar pada 10 Agustus 2023 hasil kerjasama antara Kesbangpol, DKD dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Batang – Pekalongan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *