HUT Ke-78 PT KAI Pamer Kereta Baru, Begini Penampakannya

Memeriahkan HUT Ke-78 KAI diluncurkan kereta api ekonomi baru dengan fasilitas mewah

Pantura24.com, Kota Pekalongan – PT Kereta Api Indonesia meresmikan pengoperasian KA Jayabaya generasi terbaru dengan rute Pasar Senen – Semarang Poncol – Malang. Peluncuran KA ekonomi tersebut dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi PT KAI.

“Ini masih satu rangkaian dengan HUT Ke-78 KAI yang diperingati tiap 28 September,” ujar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendrti Wintoko, Jum’at (29/9/2023).

Bacaan Lainnya

Ia menyebut bahwa kereta api generasi terbaru tersebut memiliki kapasitas 72 tempat duduk dengan formasi 2-2. Di kereta sebelumnya ada 80 tempat duduk sehingga sekarang lebih luas dan tiap baris kursinya lebih lapang.

Selain itu, kursinya sudah mengadopsi tipe captain seat sehingga pelanggan makin nyaman saat bersandar. Kemudian sudut kemiringan kursi juga bisa diatur sesuai arah laju KA maupun saat berhadapan.

“Upgrade lain juga dilakukan pada interior kereta yang memiliki Public Information Display System (PIDS) membuatnya mampu menampilkan jam dan suhu,” kata Ixfan menjelaskan.

Ada juga modifikasi kereta sehingga mirip kakaknya yang lebih eksklusif seperti bantuk bagasi dengan nuansa interior yang lebih cerah.

Penampakan modifikasi lainnya seperti pada toilet yang menampilkan nuansa yang lebih mewah dan sudah memakai toilet duduk. Fasilitas sekanjutnya ada ruang ibadah di kereta yang sudah direstorasi.

Adapun tema HUT Ke-78 PT KAI adalah ‘Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju’.

Ixfan memaparkan kereta ekonomi generasi terbaru itu hasil modifikasi Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan). Sejak 23 April 2023 sudah ada 12 kereta ekonomi sudah selesai dimodifikasi.

“Dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi New Generation, maka stamformasi KA Jayabaya menjadi 4 kereta eksekutif (K1), 5 kereta ekonomi new generation (K3 NG) dan 1 kereta makan pembangkit (MP3),” ungkap Ixfan.

Berikut jadwal perjalanan KA Jayabaya relasi Pasar Senen – Semarang Poncol – Malang yaitu berangkat dari Pasar Senen pukul 17.25 WIB.

Berangkat dari Semarang Poncol pukul 23.49 WIB dan tiba di Malang pukul 06.20 WIB. Untuk relasi Malang – Semarang Poncol – Pasar Senen berangkat dari Malang pukul 12.30 WIB.

Dan berangkat dari Semarang – Poncol pukul 19.16 WIB dan tiba di Pasar Senen pukul 01.38 WIB.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *