Pelaku UMKM Yakin Pilpres Sekali Putaran Lebih Menjanjikan Kepastian Usaha

Pelaku UMKM mendukung Pilpres sekali putaran karena lebih menjanjikan kepastian usaha dan investasi, Senin (25/12).

Pantura24.com, Jakarta – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Fabryan Wishnu mendukung Pilpres 2024 sekali putaran. Ia beralasana pelaku UMKM butuh kepastian politik lebih awal tepatnya di Febuari 2024.

“Stabilitas politik pada pilpres sekali putaran dinilai lebih memberikan kepastian dibanding dua putaran,” ungkap Fabryan dikutip, Senin (25/12/2025).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan dampak dari pilpres satu putaran adalah kepastian adalah pertumbuhan ekonomi dan memungkinkan pelaku UMKM mudah merencanakan strategi bisnis jangka panjang tanpa terganggu oleh ketidakpastian politik.

Ia menyebut bila terjadi situasi mencekam karena stabilitas politik terganggu, maka bisa berdampak pada keamanan dalam negeri dan hal itu berimbas pada investor asing maupun domestik yang khawatir masa depan investasi mereka termasuk berpengaruh terhadap UMKM.

“Kondisi politik yang stabil dapat mendorong iklim investasi yang lebih positif dan memungkinkan UMKM mengakses pendanaan dengan lebih mudah sehingga bisa merencanakan ekspansi bisnis,” ujarnya.

Menurut Fabryan, kepastian politik mampu mengurangi risiko perpecahan di masyarakat.Untuk itu, bila proses pilpres berlangsung lancar dalam sekali putaran, maka potensi konflik tidak akan terjadi.

Pilpres sekali putaran yang bisa berdampak positif dapat mendukung kegiatan usaha, perdagangan, dan pertumbuhan ekonomi, termasuk UMKM. Stabilitas politik dan sosial merupakan faktor penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi UMKM untuk berkembang.

“Dengan sekali putaran, kemungkinan terjadi pertentangan yang membesar antar pendukung kandidat lebih kecil dibandingkan dengan sistem dua putaran. Ketika ada dua putaran, seringkali ketegangan dan perpecahan politik meningkat,” terangnya.

Fabryan pun mengakui dengan pilpres sekali putaran, ada kesempatan untuk memperkecil polarisasi politik dan membangun persatuan di antara berbagai kelompok masyarakat. Selain itu, memungkinkan pemenang pilpres dapat mandat yang lebih kuat.

“Dengan demikian, sistem sekali putaran membantu memelihara stabilitas politik dan stabilitas ekonomi. Prinsipnya, ketika proses pemilihan umum berjalan lancar tanpa goncangan politik yang signifikan, maka akan jadi acuan pelaku pasar dan investor,” urainya.

Berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga survei nasional, pasangan calon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka lebih berpotensi memenangkan Pilpres 2024 dalam sekali putaran.

Dengan hasil survei itu para pelaku UMKM menyambut baik karena ada kepastian keamanan pasca pilpres dan juga ada kesempatan kepada pemerintah yang baru dalam menguatkan ekonomi yang sekarang mulai membaik.

“Siapapun yang menang itu pilihan rakyat ya. Kalau dari hasil survei mungkin Pak Prabowo dan Gibran bisa sekali putaran, tapi kita tetap kembalikan lagi ke rakyat yang memilih,” papar Fabryan.

Dan perlu diingat pihaknya berharap ada perhatian khusus kepada para pelaku UMKM di Indonesia dan yang terbaca dari visi misi para capres, Prabowo ada program penguatan ekonomi kreatif yang sangat dinantikan oleh pelaku UMKM,” tandasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *