Gaet Lebih Banyak Penumpang, KAI Daop 4 Semarang Berlakukan Tarif Khusus Lebih Murah

PT KAI Daop 4 Semarang mulai berlakukan tarif khusus kepada penumpang dengan harga lebih murah bila membeli tiket dua jam sebelum keberangkatan, Senin (25/12).

Pantura24.com, Semarang – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan tarif khusus bagi penumpang yang membeli tiket dua jam sebelum keberangkatan. Harga tiket yang ditawarkan KAI tersebut di bawah tarif normal.

“Penumpang bisa mendapatkan tarif khusus tersebut melalui aplikasi Acces by KAI dan loket stasiun keberangkatan selama masih tersedia,” kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo melalui siaran pers yang dikutip, Senin (25/12).

Bacaan Lainnya

Menurutnya dengan adanya promo tarif khusus yang lebih murah dibanding harga normal bisa menarik lebih masyarakat atau penumpang yang menggunakan moda kereta api khususnya di libur Natal dan Tahun Baru.

Ia menjelaskan tarif khusus berlaku hanya untuk rute tertentu di wilayah Daop 4 Semarang seperti rute Semarang Tawang-Surabaya Pasarturi, Semarang Tawang-Tegal, Tegal-Semarang Tawang, Tegal-Hargeulis, Tegal-Brebes, Semarang Tawang-Madiun, Cepu-Surabaya Pasarturi, Weleri-Semarang Poncol dan Semarang Poncol-Tegal.

Adapun tarif khusus itu hanya berlaku untuk kelas eksekutif dengan harga dari Rp 35.000-290.000. Untuk kelas bisnis mulai dari Rp 115.000-210.000 dan kelas ekonomi mulai dari Rp 25.000-155.000.

Franoto menyebut tarif khusus berbeda dengan tiket go show. Untuk tiket go show tidak menawarkan harga yang lebih murah dari harga normal dan pembeliannya hanya melalui loket stasiun.

“Tiket go show adalah istilah untuk beli tiket kereta api secara langsung di stasiun tiga jam sebelum keberangkatan dan berlaku untuk semua rute perjalanan,” jelasnya.

Sedangkan tarif khusus itu hanya tersedia untuk rute dan kereta api tertentu saja dan pembeliannya pun dapat dilakukan mulai 2 jam sebelum keberangkatan via aplikasi Access by KAI atau loket stasiun selama tempat duduk masih tersedia.

“Kemudian untuk jumlah tiket yang tersedia di seluruh stasiun wilayah Daop 4 Semarang di periode Natal dan Tahun Baru masih tersedia cukup banyak. Per hari ini okupansinya masih 61 persen dari 361.248 tiket yang disediakan,” tutupnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *