TPQ Miftahul Huda Tirto Kota Pekalongan Wisuda 18 Santri Angkatan Ke-17

Sebanyak 18 santri dan santriwati TPQ Miftahul Huda diwisuda pada Minggu 16 Juli 2023

Pantura24.Com,Kota Pekalongan –Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Miftahul Huda Kelurahan Tirto, Kota Pekalongan menggelar wisuda angkatan ke-17. Sebanyak 18 santri dan santriwati dinyatakan lulus setelah mejalani serangkaian ujian.

“Dari 18 anak yang diwisuda, lima di antaranya amsilati dan sisanya merupakan wisuda pertama,” ungkap Ketua Panitia Wisuda, Adhip Triono, Minggu (16/7/2023).

Bacaan Lainnya

Adhip mengatakan untuk bisa lulus TPQ para santri sudah memiliki kemampuan membaca Al Qur’an dengan baik disertai dasar-dasar tajwid dan menguasai teori tajwid.

Kemudian mampu menghafal 28 surat pendek dengan baik dan benar, lalu bisa menghafal 27 do’a harian dengan sempurna termasuk menghafap bacaan sholat fardhu dan sunah tertentu.

Selain itu juga mampu mempraktikan adzan, Iqomah dan wudhu berikut bacaannya serta sholat wajib dan sunah dengan baik dan benar. Terakhir mampu menghafal sembilan tema ayat pilihan dengan baik disertai menguasi tulisan arab dengan baik dan benar.

“Alhamdulillah proses wisuda berlangsung lancar disaksikan penguji dan ratusan orang tua santri,” ujar Adhip.

Adhip menambahkan TPQ Miftahul Huda sudah berdiri sejak 17 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2006 dan saat ini memiliki jumlah santri sebanyak 200 anak.

“Alhamdulillah berkat dukungan masyarakat TPQ Miftahul Huda terus berkembang dan banyak menjadi tujuan orang tua di sekitar Kelurahan Tirto untuk menitipkan anaknya di sini,” katanya.

Hanya saja, lanjut dia, dengan bertambahnya jumlah santri tersebut mengurangi kemampuan TPQ Miftahul Huda untuk mengembangkan gedung agar lebih representatif.

“Kami memang berharap ada pengembangan itu agar santri bisa belajar lebih leluasa, demikian juga dengan guru pengajarnya,” ucap Adhip.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *