Jaga Sumber Air PAM Batang Siap Tanam 20 Ribu Pohon

Istimewa

pantura24.com – Batang, Perusahaan Air Minum Daerah (PAM) Sendang Kamulyan Kabupaten Batang berencana menanam 20 ribu pohon dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) perusahaan yang ke -30. Penanaman akan dilakukan di lereng gunung dan sekitar sumber mata air.

“Ini bagian dari kepedulian kami terhadap kelestarian lingkungan terutama sumber mata air yang menjadi kebutuhan air minum warga Batang,” ujar Direktur Umum PAM Sendang Kamulyan, Siswandi, Rabu (12/7/2023).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan selama ini pihaknya tidak hanya melakukan eksploitasi air baku untuk kebutuhan air minum namun juga menjaga dan merawat sumber-sumber mata air serta ekositem di kawasan lereng gunung.

Upaya yang dilakukan oleh PAM Sendang Kamulyan tersebut dalam rangka konservasi di kawasan yang menjadi lokasi pengambilan air minum bagi perusahaan.

“Kalau sudah dirawat dan dijaga maka siklus sumber air bisa lestari untuk memenuhi kebutuhan air minum,” kata dia.

Adapun pelaksanaan penanaman pohon akan dilangsungkan di kawasan sumber air Desa Pacet, Kecamatan Reban dan Desa Bismo di Kecamatan Blado serta kawasan lereng gunung di sekitarnya.

“Kami pada tahun lalu sudah menanam 10 ribu pohon dan di HUT PAM Sendang Kamulyan yang jatuh pada 20 Juli 2023 akan ditingkatkan menjadi 20 ribu pohon,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan untuk jenis tanaman yang akan ditanam akan disesuaikan dengan perintaan masyarakat karena nantinya yang akan menikmati manfaat dari hasil tanaman tersebut adalah warga sekitar.

“Kalau yang kemarin ditanam pohon durian dan kopi. Mungkin tahun ini ada permintaan lain dari masyarakat,” jelasnya.

Untuk realisasinya nanti pihaknya akan menggandeng Forum Komunikasi Pelanggan untuk pengecekan maupun perawatan pohon yang sudah ditanam.

“Jadi tidak hanya sekedar menanam tapi juga merawat. Adapun tema pada tahun ini adalah ‘Pudam Sendang Kamulyan Hadir Untuk Kemajuan Masyarakat Batang’,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *