Puluhan Taruna Sekolah Pelayaran Baruna Putra Pemalang Diwisuda, Muncul Kisah Sukses Alumni Hasilkan Cuan Ribuan Dollar

Sebanyak 23 taruna, guru dan tamu kehormatan berpose di atas panggung setelah prosesi wisuda ke-XXIV SMK Baruma Putra Petarukan, Kabupaten Pemalang, Selasa (7/5).

PANTURA24.COM, PEMALANG – SMK Baruna Putra Petarukan, Pemalang mewisuda 23 taruna kelas XII untuk angkatan ke XXIV tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan pelepasan taruna sekolah pelayaran kapal niaga itu berlangsung di gedung The Winner Convention Centre.

Kepala Sekolah SMK Baruna Putra, Muhammad Komarudin ANT III mengatakan 23 taruna yang diwisuda tersebut berasal dari dua jurusan yakni teknik kapal niaga dan nautika kapal niaga.

“Bidangnya perniagaan bukan perikanan, jadi sektor kita itu kapal niaga, kargo, tanker dan kapal kontainer. Kemudian ada kapal penumpang seperti feri dan kapal Pelni,” ujar Komarudin usai wisuda, Selasa (7/5/2024).

Ia mengungkapkan SMK Baruna Putra juga telah menjalin kerjasama dengan PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang merupakan salah satu perusahaan transportasi laut terbesar di Indonesia.

Disebutkan bahwa kerjasama tersebut mencakup aspek penerimaan magang sekaligus praktik mengikuti pelayaran kapal milik perusahaan yang tersebar di seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia.

“Jadi anak-anak itu tidak sekedar magang di darat namun juga benar-benar berlayar di lautan sesuai dengan jurusan keilmuan sehingga mereka ini bisa turut merasakan bekerja di atas kapal,” jelasnya.

Pihaknya menetapkan waktu magang bagi taruna itu selama enam bulan. Untuk taruna magang di jurusan nautika bakal didampingi perwira kapal seperti Chief Officer dan bagian teknil kapal niaga didampingi perwira mesin.

Menurut dia, potensi dan serapan tenaga ahli di bidang teknik kapal dan nautika di dunia pelayaran nasional itu sangat besar lantaran kebutuhan transportasi, losgistik atau barang masih terus terjadi.

Untuk itu dirinya berpesan kepada taruna yang telah diwisuda untuk terus meningkatkan kualiatas dan kemampuan disiplin ilmu yang digeluti karena di industri pelayaran yang mutual diperlukan juga sertifikat keahlian dan lisensi.

“Lulusan di sekolah kami sudah ribuan sejak tahun 1997 dan alumni juga sudah tersebar di Indonesia dan beberapa negara di dunia. Terakhir informasi yang kami terima banyak alumni bekerja di perusahaan asing dan ada juga alumni yang sudah sukses menjadi chief engine di private yacht dengan pengjasilan ribuan dollar,” tutupnya.

Sementara itu salah satu tamu kehormatan wisuda ke- XXIV SMK Baruna Putra Pemalang, Didik Pramono yang juga Direktur Utama PT Sparta Putra Adhyaksa mengaku bangga pernah menjadi bagian dari kerjasama magang sekolah pelayaran tersebut.

“Perusahaan keagenan kapal saya di PLTU Batang pernah tiga tahun menjadi tempat magang para taruna mulai 2021-2023. Berbagai bimbingan ilmu sesuai keahlian saya di bidang nautika bisa sedikit bermanfaat,” katanya.

Ahli Nautika Tingkat II itu juga membenarkan bahwa keahlian teknik kapal dan nautika kapal itu masih memiliki potensi yang besar. Kemampuan ahli nautika lokal dengan luar negeri sudah tidak jauh berbeda sehingga dirinya meminta wisudawan bisa bersaing di pergaulan global.

“Saya ucapkan selamat atas wisuda adik-adik taruna, semoga dengan kelulusan kalian ini bisa memenuhi harapan orang tua, guru maupun almamater,” ucapnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *