Kebut Program PTSL, BPN Batang Kejar 25 Persen Lahan Belum Bersertifikat

BPN sebut tinggal 25 persen tanah di Kabupaten Batang belum bersertifikat, Jum’at (16/2).

PANTURA24.COM, Batang – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Batang menargetkan penyelesaian program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 28.963 bidang tanah di 2024. Target itu lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya sebanyak 24 ribu sertifikat.

Bacaan Lainnya

Kepala BPN Batang, Zumratul Aini menyebut program PTSL pada tahun ini sertifikasinya ditargetkan rampung pada November 2025. Di 2023 sertifikasi rampung di Desember, tahun ini target rampung lebih cepat.

Ia mengungkap tanah yang belum bersertifikat di Kabupaten Batangà tinggal 25 persen. Pihaknya berharap ada kerjasama yang baik dengan camat maupun kepala desa untuk mempercepat penyelesaiannya.

“Selain dengan bekerjasama, kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta program PTSL juga lebih meningkat lagi, bila perlu ada edukasi dan sosialisasi,” katanya, Jum’at (16/2/2024).

Zumrotul menjelaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk mensukseskan program PTSL, namun justru permasalahannya ada di masyarakat yang kurang berminat.

“Untuk itu pemerintah perlu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program PTSL,” ujarnya.

Sementara Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menambahkan selain masyarakat, Pemda Batang juga turut mendaftarkan asetnya berupa Barang Milik Daerah (BMD).

“Minimal tiap tahun kita daftarkan 300 BMD dan kemarin itu sebenarnya sudah selesai namun karena tiap tahun ada belanja modal sehingga bertambah asetnya seperti jalan akhirnya diinventarisir lalu kemudian kita diajukan,” jelasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *