Jelang Hari Terakhir Sortir dan Lipat, KPU Kota Pekalongan Temukan Belasan Ribu Surat Suara Rusak

KPU Kota Pekalongan menemukan belasan ribu surat suara Pemilu 2024 dalam kondisi rusak. Anggota KPU memperlihatkan contoh surat suara rusak, Kamis (11/1).

Pantura24.com, Kota Pekalongan – Belasan ribu surat suara Pemilu 2024 ditemukan dalam kondisi rusak oleh KPU Kota Surat suara rusak itu ditemukan pekerja selama proses sortir dan lipat yang berlangsung di gudang KPU setempat.

“Total sudah ada 12.365 surat suara rusak yang kami laporkan ke kantor,” ungkap Koordinator Logistik KPU Kota Pekalongan Munandar, Kamis (11/1/2024).

Bacaan Lainnya

Ia menyebut surat suara yang ditemukan rusak itu masih menjadi laporan sementara karena proses sortir dan lipat surat suara masih terus berlangsung hingga Jum’at 12 Januari 2024 siang.

Adapun jumlah surat suara yang rusak meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 2.680, DPD 1.893, DPR RI 533, DPRD Provinsi 2.065 dan DPRD Kota Pekalongan sejauh ini 4.862 dan masih bisa bertambah pada penghitungan terakhir besok.

“Hingga siang ini proses sortir dan lipat surat suara masih merampungkan tiga dapil dari empat dapil yang dihitung. Besok siang dapil 4 diperkirakan rampung,” terang Munandar.

Ia menjelaskan temuan surat suara rusak ada beberapa faktor seperti kertas sobek kemudian ada tanda yang mengarahkan ke paslon tertentu, lalu ada juga kerusakan pada lipatan kertas yang berasal dari pabrik.

Munandar mengatakan setelah temuan surat suara rusak tiap hari dilaporkan ke pimpinan KPU lalu dilakukan rekap di hari terakhir sortir dan lipat untuk dilakukan permintaan penggantian.

Menurut dia, temuan surat suara rusak tersebut sudah termasuk cadangan dua persen sehingga surat suara cadangan yang disediakan tetap tidak cukup untuk mengganti jumlah kerusakan yang ada.

“Besok siang setelah selesai sortir dan lipat maka KPU akan melakukan pengesetan dengan memasukkan surat suara yang sudah diset ke kotak suara,” tutupnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *