Operasionalkan Dua Reservoir, KIT Batang Siap Penuhi Kebutuhan Air Baku Tenant

KIT Batang operasionalkan dua reservoir berkapasitas 1 juta kubik untuk memenuhi kebutuhan tenant

Pantura24.com, Batang – Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang siap memenuhi kebutuhan air baku untuk seluruh tenant. Ada dua reservoir yang disediakan oleh pihak KIT atau Grand Batang City berkapasitas 1 juta kubik.

“Kebutuhan air baku tenant sudah siap. Dua reservoir juga sudah diopersionalkan, saat ini mulai diujicobakan ke tenant,” ungkap Direktur Kelembagaan dan Humas KIT Batang Fakhrur Rozi, Jum’at (17/11/2023).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan kasitas terpasang dua reservoir yang disiapkan mencapai 1 juta kubik. Masing-masing reservoir memiliki kapasitas 500 ribu kubik.

Pada fase pertama pembangunan KIT Batang seluas seribu hektar, kebutuhan air dari reservoir berasal dari sungai bendung Kaliurang.

“Jadi reservoir itu digunakan hanya di musim kemarau aja. Saat memasuki musim hujan, air dari bendung Kaliurang langsung masuk ke IPAL kita,” terangnya.

Fakhrur Rozi menyebut akan menambah jumlah reservoir bila pembangunan fase pertama KIT Batang Rampung. Hal tersebut dilakukan menjaga ketersediaan air baku kebutuhan tenant.

Sejauh ini sudah ada 13 tenant yang sudah dipastikan masuk KIT Batang. Kemudian yang sudah siap beroperasi pada pada semester pertama 2024 ada enam tenant.

Pihaknya berharap ada tambahan tenant lagi yang yang akan masuk KIT Batang. Setidaknya jumlah mereka ada tiga tenant.

“Satu tenant, yakni pabrik sepatu Yih Quan dari Tiongkok akan operasional pada Desember akhir tahun ini. Mereka sudah merekrut pekerja lokal dan menyiapkan mesin produksi,” bebernya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *